Minggu, 17 November 2013

Supercharger Di Mesin Bebek


    
     Untuk meningkatkan power mesin, salah satu caranya dengan memasang supercharger. Seperti supercharger khusus untuk motor ini. Diambil dari foto postingan AndyFit from AE Sport Gresik ini.
     Supercharger ini untuk mesin Honda generasi C-Series. Mesin ini dipakai dari mesin Honda Prima sampai mesin Supra X. Di Jepang, mesin ini legendaris. Banyak dipakai di balap minimoto dan lainnya.
Bagi pecinta adu kebut, istilah supercharger tidak asing lagi. Pengertiannya bisa lihat di wikipedia. Supercharger adalah sebuahkompresor atau blower yang digunakan untuk memompa udara ke dalam silinder mesin.
Karena angin dipaksa masuk ke silinder, membuat mesin membakar lebih banyak udara dan bahan bakar. Meningkatkan pemasukan gas bakar atau efisiensi volumetrik jadi besar. Mesin jadi lebih bertenaga.
Diputar  tali atau belt dari kruk as
     Supercharger diputar secara mekanik oleh tali atau rantai dari kruk as mesin. Supercharger mirip turbocahrger, tapi turbocharger diputar oleh arus gas bakar yang keluar dari mesin untuk mendorongturbin atau kipas atawa blower.
Karena supercharger diputar kruk as, bisa mengurangi sepertiga tenaga mesin. Dalam aplikasinya kurang efisien daripada turbocharger.

1 komentar: