Jumat, 20 September 2013

Skydrive ’09 Samarinda : SKY FIGHTER DRIVE


Populasi matic yang satu ini jarang banget dijahili serius. Makin jarang lagi kala Nunik yang akrab disapa Unix ini menjahilinya dengan sosok matic fighter bertrend ‘Duck tail’ yang baru kemarin Otre ulas di besutan sportbike. | neo/dnr
KONSEP FIGHTER MATIC
Konsep ini dicetuskan matic asal Purwokerto yang mengubah sosok Mio jadi garang bak sport fighter, Unix mengikuti jejaknya. Nah buat matic Skydrive tentu ubahan total yang mesti dilakoni. Diawali dengan menggusur bodywork Skydrive yang asalnya didukung bodi gambot jadi pe-er utama. Seluruh bodynya dilepas, sisi depan dibuat ulang dari potongan ujung sepatbor depannya yang ditanam dengan lampu bulat fox lamp tipe HID.

EKOR DUCK TAIL
Bodi aslinya yang panjang dan besar dipendekkan dengan tetap memanfaatkan bodi orinya. Lekuk tajam dicover mesin tengah ini dipotong makin ringkas, lalu ekor belakang yang sudah dilepas stop lamp dan sepatbornya ini disatukan lebih kedepan. Untuk ubahan ini sayap sisi bawah ikut dipotong melandai 7cm. penyatuan bodi tidak memakai fiber tapi memakai bahan atom agar kekuatannya bisa menyatu dan hasilnya lebih halus. Ekor belakang hasilnya makin pendek ala duck tail, dengan juga mengubah jok dan memangkas sub frame belakang sebanyak 10cm.

PELEK LEBAR
Setelah itu yang jadi perhatian adalah ubahan pada areal kaki-kaki. Untuk roda depan mengaplikasi pelek Rotora variasi depan selebar 3 inci. “Biar pas, dudukan di fork depan segitiga bawah harus dibuat lebih lebar,” lanjut Unix yang memasang piringan selebar 260mm. Sementara untuk roda belakang, juga mengandalkan pelek Rotora dengan lebar 5 inci. Kedua roda ini tetap mengaplikasi diameter roda ring 14 inci sesuai ukuran roda Skydrive standar.

SUSPENSI
Mengarah ke gaya petarung jalanan, suspensi tentu jadi pilihan mutlak yang mesti diubah. Sisi depan dipakai suspensi upside down dari TNT seharga Rp 2,5 jutaan. Sokbreker sport ini membuat tampilan stang ikut dibuat telanjang ala fighter. Sedang buat sisi belakang makin unik dibuat pro link yang menembus dari dudukan mesin ke center bone depan. makin rapi jali sokbreker milik Satria FU ini dicover aklirik yang dipanaskan membentuk cover transparan.


SPEK MODIF
SOK DPN: USD TNT, CAKRAM: Kitaco 260mm, KALIPER: Brembo, SOK BLK: Mono Fu, PELEK: Rotora 3 dan 5 inch, BAN: Swallow 150/60x14, KNALPOT: Dobel Nobi, LAMPU DPN: Fox lamp HID, CAT: Danagloss, AIRBRUSHER: Virgina Motora Jl. Ciptomangunkusumo Samarinda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar