Selasa, 19 November 2013

Direct Coil, Tajam Pengapiannya Di Motor


ManiakMotor - Banyak teknologi bagus dari motor special engine (SE) atau moge yang  bisa diaplikasi. Sudah biasa tuh motor balap atau harian kencang, pakai seperangkat pengapian SE. Di road race, popular pakai YZ. Mulai magnet, sepul, sampai koil. Tapi harganya? Ngeriii.. dibanderol gak kurang dari 3,5 juta. Ya rupiah, masak daun?
Tetapi jangan khawatir, bagi yang berkantong cekak, bisa pakai dana yang lebih minim. “Pakai aja direct coil, ini aslinya dari mesin motocross 4-tak,” cocor Benny Ndeso, from Solo. Wah wong Solo emang ngetren dan bikin heboh, selain jago-jago bikim motor drag bike, bisa bikin mobil, terus  Mas Benny ini.
Dibilang direct coil atau hubungan langsung, karena tidak ada lagi sambungan kabel dari koil ke busi. Langsung. Panjang dan bahan kabel memengaruhi besarnya arus yang dikirim ke busi. Tanpa kabel, berarti setrum bebas masuk. Bablas.
Pemasangannya gampang, seperti koil yang lain, ada tiga jalur kabel. Positif, negatif dan ke busi. Negatif dihubungkan ke rangka dan positif ke aki. Positif dihubungkan ke kabel setrum yang keluar dari CDI. Hasilnya, energi yang disalurkan ke busi juga lebih besar!

1 komentar: