Rabu, 27 November 2013

Gunakan Per Sok Smash untuk Menghilangkan Suara “Duk” Honda Vario

Suara “duk” biasanya terdengar saat Honda Vario Anda melintas polisi tidur setelah beberapa bulan pemakaian. Sebenarnya suara ini bukan masalah besar tetapi cukup mengganggu bagi sebagian pengendara. Siuara “duk” ini disebabkan oleh terlalu renggangnya ulir per sok depan Honda Vario. Ulir tersebut terlalu empuk sehingga membuat bibir tabung sok terkena segitiga bawah saat Honda Vario melakukan perjalanan di medan jalan rusak atau ketika melewati polisi tidur.
Jika mau sedikit membuat variasi pada Honda Vario Anda, suara “duk” yang cukup mengganggu ini bisa hilang. Caranya adalah dengan mengganti per sok bawaan Honda Vario Anda dengan per sok Suzuki Smash. Karakter ulir Smash lebih rapat dengan bagian-bagian yang rapat-renggang. Akan tetapi, per sok Smash berbeda enam ulir dibanding per sok Honda Vario.
Untuk pemasangannya, lepaslah roda depan Vario Anda lalu ganjal bawah dek dengan kayu agar bagian depan motor tetap terangkat. Kemudian lepaslah sok depan dari segitiga dengan menggunakan kunci 12. Setelah itu, bukalah tutup sok depan dengan menggunakan obeng plus. Lantas gunakan tang lancip untuk melepaskan klip penguncinya. Dengan menggunakan gerinda, potonglah per sok Smash yang telah Anda beli (harganya sekitar Rp27.000) sebanyak 6 ulir. Pastikan bahwa bagian per sok yang dipotong adalah bagian ulir yang renggang.
Langkah selanjutnya adalah memasang per sok Smash yang telah dipotong ke Honda Vario Anda. Perhatikan bahwa posisi yang lebih rapat dipasang di bagian bawah. Perhatikan juga jumlah oli karena oli biasanya berkurang saat pemakaian dan proses bongkar pasang. Sebaiknya ganti atau tambah oli tersebut. Biasanya standar oli per sok Honda Vario adalah sebanyak 75ml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar