Rabu, 27 November 2013

Usir Kotoran, Atasi Rem Cakram Bagel


Kerusakan rem cakram atau hidrolik, umumnya karena kebocoran atau macet. Tanda yang paling gampang dikenali, ngempos atau bagel alias keras saat tuas rem ditarik.

Mengecek problem rem mudah. Ngempos saat tuas rem ditarik tanda ada kebocoran akibat sil rusak. Ngempos karena tekanan ke kaliper minim. Akibatnya piston enggak terdorong dan kampas rem ogah mengempit cakram.

Kadang masih ngerem, tapi harus dikocok berulang kali. Itu karena ada udara masuk di saluran minyak rem. Setelah minyak terdorong naik dan udara naik, rem pakem lagi.

Jika ketemu ciri itu, lekas cek letak kebocoran. Tandanya ada jejak lelehan bekas minyak rem. Yang rawan bocor sil O-ring di tuas penonjok master rem dan sil O-ring di piston kaliper.

Problem akibat kotoran di rem hidrolik ada dua. Yang nempel di luar dan di dalam. Kotoran di luar umumnya ada di kaliper, terutama di area sil debu piston. Kotoran di dalam berupa kerak dari minyak oli yang sudah lama. Kotoran ini nyangkut di seluruh jeroan peranti rem.

Nah, kalau bagel segera cek kebersihan peranti rem. Awalnya cek kotoran di luar. Sejatinya kotoran ini bisa dicegah kalo rajin bebersih pas servis rem setiap 6 bulan sekali. Kalo dibiarin, kotoran ngendap dan keras sehingga mengganjal gerak piston. Akibatnya piston macet atau baret. Bisa juga karena piston di master rem kotor.

Ada gejala problem lain disebabkan batang tidak center. Biasanya setelah mengerem masih tersisa efek deselerasi. Atau saat maju roda lancar, tapi pas dimundurin tersendat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar