Selasa, 10 September 2013

Inikah KTM Inul?


Sudah lama saya tidak tahu kabar beberapa merk motor China yang dulu pernah ada di negeri ini. Tapi, barusan saya baca sebuah berita (disini) bahwa sebuah motor asal China berjuluk APP-KTM Milan menyabet gelar Terbaik Katagori Skutik new Comer dari pagelaran Indonesian Motobike Of The Year (IMOTY) yang digelar oleh majalah Motorev.

Hello….
Ini motor apaan yak? kok pake nama KTM, tapi jelas bukan KTM Austria yang spesialis motor garuk tanah dkk itu, katanya asal China lagi…
So, ingatan jelas terpikir dengan sebuah iklan motor jaman boomingnya motor China yang dibintangi seorang penyanyi dangdut yang sedang naik daun saat itu, Inul.Yup, saya kepikir dengan KTM yang diiklanin inul itu. Tapi benar atau tidak, saya belum tahu, atau ada yang tahu?

Trus, yang duluan ada tu yang KTM Inul apa KTM Austria sih? Atau KTM Inul cuma ada di Indonesia ya?
Yang saya pikir, emang sih skutik APP KTM itu pendatang baru (new comer), tapi apa iya itu skutik terbaik yang lahir tahun 2011 ini? kayaknya masih banyak deh, kayak produknya SYM, Piaggio, dll…
Apa sih keunggulannya? Jujur saya termasuk orang yang antipati dengan produk motor China, karena pengalaman dengan JIncheng City J112 yang pernah dulu dipunyai. Dan sekarang ada motor China (begitu dalam berita di detik oto tsb menyebutnya) yang menyabet penghargaan new comer terbaik? hmmm…gak habis fikir, biarpun bodynya bisa dibilang lumayan retro layaknya Scoopy, tapi itu lho ngeliat speknya aja……………liat sendiri aja dah….
Dimensi
  • Panjang: 1.880 mm
  • Lebar: 669 mm
  • Tinggi: 1.100 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.250 mm
  • Berat kosong 94 kg
Mesin
  • Tipe mesin: 4 langkah, 2 valve, SOHC, pendingin kipas
  • Konfigurasi silinder: Silinder tunggal mendatar
  • Diameter: 500×63,1 mm
  • Volume langkah: 124,8 cc
  • Daya maksimum: 4,2/7.000
  • Torsi maksimum: 8,5/7.500
  • Sistem pembakaran: Karburator
  • Perbandingan kompresi: 10,7:1
  • Kapasitas oli mesin: 0,9 liter
  • Transmisi: CVT
Kelistrikan
  • Sistem pengapian: DC-CDI
  • Battery: MF Battery, 12V-3,5AH
  • Busi: ND. U24EPR 9 / NGK. CPR8.EA 9
Kaki-kaki
  • Rem depan: Cakram hidrolik dengan double piston
  • Rem belakang: Tromol
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Suspensi tunggal
Warna: White gold, black silver, pink white
Harga: Rp 9,2 juta (OTR Jakarta)…………….rasanya mahal juga untuk sebuah motor China…..
Itu saja.
NB: Jadi inget si Jincheng City dul pernah dipake nyenggol anak sekolah mpe jatuh, hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar