Doyan banget bereksperimen modif, Kristi Nasriansyah kembali merilis
maskot motor ekstrimnya. Berwujud ATV, Motor Nouvonya kini makin jadi
idola di bumi Tarakan Kal-Tim. “Racikannya beneran pas sehingga
performanya tetap sempurna meski kini bersosok bak monster,” bangga
dedengkot tim modif DAB from KP 4 RT13 Tarakan.
Modal awal, Kris berburu unit ATV Yamaha Raptor yang akhirnya didapatkannya tanpa unit mesin. Beruntung banget Kris punya onggokan set dapur pacu Yamaha Nouvo. Tak ayal, unit engine ini akhirnya doi tanam di gawangan rangka Yamaha Raptor.
“Emang harus dilakoni banyak penyesuaikan baik konstruksi rangka tubularnya maupun engine braketnya karena perbedaan karakter jenis maupun dimensi dapur pacu Nouvo jika dibanding Yamaha Raptor,” lugas Kris.
Kelar terpasang, Kris harus membuat mekanisme geraknya menggunakan penggerak rantai. Untuk hal ini, Kris cukup menancapkan gir sprocket kecil di as output CVT Nouvo yang dihubungkan dengan gir sprocket belakang ATV melalui media rantai.
“Mesti benar-benar disetting pas jarak gir sprocketnya agar rantai nggak terlalu kencang atau terlalu kendur, selain itu posisi penataan enginenya juga harus pas biar rantai nggak gampang lepas,” terang Kris.
Kelar menyelesaikan penataan engine set serta mekanisme penggeraknya, aksi dilanjutkan dengan menggagahi sektor kaki-kaki. Nggak tanggung-tanggung, Kristi punya ide liar dengan mengusung set velg racing almu mobil 15 x 10 yang dibungkus ban ukuran 31 langsung disatukan ke as roda dengan media braket tromol besi yang ditugasi pula sebagai drum brake unit. “Pembuatan braketnya musti didesain mirip tromol asli Raptor, namun dengan bahan besi hasil proses bubut,” ungkap Kris.
Mengimbangi beban kaki-kaki raksasanya, Kris pun punya trik jitu agar handling stangnya tetap ringan. “Aku panjangkan saja lengan pengait gerak belok tromolnya, dengan begitu meski butuh sudut belok stang lebih banyak, namun handlingnya tetap nyaman ‘n ringan,” tutup Krist. tito/adt
SPEK MODIF :
VELG : LSQ R-15, BAN : Goodyear Wrangler AT/R, SUSPENSI DPN : Force, KNALPOT : AHRS, STANG : Tiger, MODIFIKATOR : DAB, KP 6 Depan SMAN 2 Tarakan Kaltim (085246369009)
Modal awal, Kris berburu unit ATV Yamaha Raptor yang akhirnya didapatkannya tanpa unit mesin. Beruntung banget Kris punya onggokan set dapur pacu Yamaha Nouvo. Tak ayal, unit engine ini akhirnya doi tanam di gawangan rangka Yamaha Raptor.
“Emang harus dilakoni banyak penyesuaikan baik konstruksi rangka tubularnya maupun engine braketnya karena perbedaan karakter jenis maupun dimensi dapur pacu Nouvo jika dibanding Yamaha Raptor,” lugas Kris.
Kelar terpasang, Kris harus membuat mekanisme geraknya menggunakan penggerak rantai. Untuk hal ini, Kris cukup menancapkan gir sprocket kecil di as output CVT Nouvo yang dihubungkan dengan gir sprocket belakang ATV melalui media rantai.
“Mesti benar-benar disetting pas jarak gir sprocketnya agar rantai nggak terlalu kencang atau terlalu kendur, selain itu posisi penataan enginenya juga harus pas biar rantai nggak gampang lepas,” terang Kris.
Kelar menyelesaikan penataan engine set serta mekanisme penggeraknya, aksi dilanjutkan dengan menggagahi sektor kaki-kaki. Nggak tanggung-tanggung, Kristi punya ide liar dengan mengusung set velg racing almu mobil 15 x 10 yang dibungkus ban ukuran 31 langsung disatukan ke as roda dengan media braket tromol besi yang ditugasi pula sebagai drum brake unit. “Pembuatan braketnya musti didesain mirip tromol asli Raptor, namun dengan bahan besi hasil proses bubut,” ungkap Kris.
Mengimbangi beban kaki-kaki raksasanya, Kris pun punya trik jitu agar handling stangnya tetap ringan. “Aku panjangkan saja lengan pengait gerak belok tromolnya, dengan begitu meski butuh sudut belok stang lebih banyak, namun handlingnya tetap nyaman ‘n ringan,” tutup Krist. tito/adt
SPEK MODIF :
VELG : LSQ R-15, BAN : Goodyear Wrangler AT/R, SUSPENSI DPN : Force, KNALPOT : AHRS, STANG : Tiger, MODIFIKATOR : DAB, KP 6 Depan SMAN 2 Tarakan Kaltim (085246369009)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar