Selasa, 10 September 2013

Motor 250cc di Indonesia Bermunculan, Dipilih..Dipilih..!

Motor-motor 250 cc
Yup…terpancing pemberitaan eyang Edo, Mas Adhi dan bang Taufik…ane jadi penasaran pengen bahas motor-motor 250 cc yang berdatangan ke Indonesia. Kalau di artikel ane sebelumnya khan ane bahas 250 cc yang beredar di Amrik sana. Naah..sekarang mari kupas motor-motor “perbatasan” ini di negri sendiri.
Apa aja sih motor-motor 250cc yang sudah digelontorkan ke pasaran Indonesia? nih dia..
1. Kaisar Ruby 250
2. Regal Raptor 250 alias Johny Pag F/X3
3. Kawasaki Ninja 250
4. Monstrac SBK 250
5. Minerva Megelli 250
6. Hyosung GT250
7. Thunder 250
8. Kawasaki D-Tracker 250

Lalu…
Mau diapain nih 7 motor?
Ya enaknya dibanding-bandingin plus-minusnya biar ketemu motor yang paling cocok buat kebutuhan (atau keinginan ya?hehehe) Memang yang namanya motor itu bisa jadi candu yang menyenangkan. Soale pasti motor-motor yang lumayan badak ini gak cocok dipakai buat harian..lho lalu gimana?
Yaa..biar jalanan gak tambah macet akibat kendaraan-kendaraan bervolume gede enaknya kita naik angkutan umum aja. Sayang euy pemerintah gak mau mikirin caranya perbaiki transportasi massal, yang ada orang pada beli motor sendiri-sendiri, cari motor yang murah buat harian. Beli motor badak kaya gini….jelas buat para pehobi saja, buat para “bike enthusiast” buat dipake di akhir pekan dan jalan santai ketika jalanan gak sepadat suasana hari kerja.
Oke, cukup curcol nya..hehe kita langsung tu the poin..Cekidot!
Kaisar Ruby 250
1. Kaisar Ruby 250
Motor ini cocok deh buat yang seneng sama cruiser ala Harley Davidson, soale bodinya mirip banget sampai ke bentuk mesinnya. Kalau gak denger mesin dan cuma liat sekelebatan pasti ini motor bakal dilirik orang. Kualitasnya bagaimana? yah..yang namanya buatan Tiongkok silakan nilai sendiri deh yang jelas menurut ane kalau mau cari sensasi bawa Harley dengan harga di bawah 30 jutaan boleh lah.
plus: body gede, handling mantap, harga relatif bersahabat
minus: image jelek mocin, dealer yang belum jelas, purna jual belum jelas, sparepart juga belum jelas

Regal Raptor 250

2. Regal Raptor 250 alias Johny Pag F/X3
Dealer ini motor ada di sebelahnya dealer Bajaj di Jl. KH. Samanhudi Jakarta. desainnya mantab, tapi para bule di motorcycle.com udah kasih nilai minus di bagian elektrikalnya. Sayang yah desain bagus tapi dalemnya..ehm..
plus: body oke, ukuran ban mantap
minus: kelistrikan dikabarkan gak beres
Kawasaki Ninja 250R
3. Kawasaki Ninja 250
Nah kalau motor ini gak perlu ditulis review-nya deh. skip..!!!
plus: banyak
minus: cc-nya kurang gede, harga kurang murah.. :D

Monstrac SBK 250

4. Monstrac SBK 250
Nah kalau ini ane belum dapat info banyak. cuma modal baca di majalah Kopling aja. disebutkan dari hasil Googling bahwa sebuah perusahaan bernama Karya Teknik adalah pembuat dari motor ini yang katanya didatangkan dari Korea.
plus: body gede, ukuran ban belakang 140/70
minus: dari gambar terlihat kualitas plastik yang kurang bagus
Minerva Megelli 250
5. Minerva Megelli 250 RE/RV
Yang ini masih hangat. baru hari ini di test ride oleh para blogger di sirkuit Sentul. dikabarkan mengalami penggantian mesin yang lebih mahal Rp 7 juta dari seri sebelumnya sama seperti motor keluaran ATPM Kavir di Iran.
plus: body gede, desain unik, mesin sudah disempurnakan
minus: belum jelas asal-usul motor ini, ada kemungkinan penyempurnaan lagi, kualitas plastik kurang bagus
Hyosung GT 250
6. Hyosung GT250
Eksistensi Hyosung di Indonesia lebih dikenal lewat motor-motor trailnya, oleh karena itu GT250 ini kurang terdengar gaungnya. bahkan promosi minim digaungkan. Ketika ane coba test ride di JMS 2006 silam, motor ini memiliki desain menakjubkan, tangki besar, konfigurasi mesin V dan ban belakang yang besar untuk ukuran 250cc.
plus: body, ban serba gede untuk ukuran 250cc
minus: kualitas las dan finishing kurang bagus-mirip Bajaj Pulsar generasi pertama nih..
Suzuki Thunder 250
7. Thunder 250
Kalau ini apa masih perlu review? Sepak terjang T250 di Indonesia hanya dibatasi oleh kurangnya peminat, padahal ini motor bagus. Suzuki seakan ingin menancapkan image “motor awet dan durable” di motor ini.
plus: desain gagah dan besar, spion dan knalpotnya punya karakter, berpotensi untuk jadi barang kolektor
minus: harga sparepart mahal dan langka.
Kawasaki D-Tracker/KLX 250
8. Kawasaki D-Tracker/KLX 250
Hampir ketinggalan… :D Kalau yang satu ini segmented banget, khusus buat para penggemar motor trail dan sama sekali gak cocok buat yang kakinya gak cukup panjang. Tambahan lagi..gak cocok pula buat yang badannya gendut kaya ane…hehehe. Riding impression ane, motor ini pas buat naik2 bukit. Tarikan awalnya garang dan bertenaga, maklum dipersenjatai single cylinder DOHC.
plus: mesin unik, langka di jalan, body besar, segmented

minus: harga mahal, seat-height tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar