Salah satu kendala menekuni hobby motor trail adalah harga motornya sendiri yg
tergolong mahal untuk kebanyakan orang indonesia.
Ini terjadi karena suplay motor trail khususnya model Trail Adventure biasanya di lakukan dalam kondisi CBU alias Complete Built Up Unit yang artinya motor di impor utuh masuk ke indonesia.
Hal hasil membuat harganya ketika samapai ke indonesia menjadi mahal.
Beruntung belakangan ada varian motor trail dari kawasaki yg muncul dengan harga yang tergolong rasional dengan nama Kawazaki KLX 150.
Hebohnya penjualan motor type ini membuat banyak produsen lain berlomba2 memasarkan type2 baru versi mereka ke tanah air,diantaranya seperti Monstrac dll.
Namun bagi yang merasa motor buatan produsen terkenal itu masih mahal,maka ada solusi jitu dengan merombak motor bekas menjadi Trail Modifikasi.
Hal ini sangat memungkinkan karena harga motor bekas saat ini sedang jatuh akibat banyaknya keluar motor type2 baru,di samping murahnya uang muka (bahkan ada yang membebaskan uang muka/free Dp) yang di tawarkan beberapa Perusahaaan Leasing sepeda motor.
Pada tulisan kali ini,kami akan mencontohkan estimasi biaya modifikasi motor bebek yamaha crypton menjadi Trail.
Yamaha crypton di pilih karena terbukti handal mesinnya,tarikan yang mantap,spart part mudah di dapat,hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena bertype 4 langkah,dan tentu saja yg paling penting adalah tergolong murah.
Estimasi biaya dan bahan sebagai berikut :
Unit motor bekas (usahakan surat lengkap untuk mencegah masalah belakangan) = 2.550.000
Ongkos Rubah rangka dan cat body = 500.000
Modif shock depan(pipa suling),T atas,Modif As = 220.000
Kran bensin Ktc = 25.000
Selang bensin = 8.000
Sadel modifikasi = 200.000
Oli shock depan = 15.000
Seal shock depan = 12.000
Pasang T dan setel peleng = 40.000
Bensin untuk test motor = 10.000
Gas spontan TAD = 65.000
Saklar lampu dan starter elektrik = 15.000
Cop CDI = 8.000
Karet Gir = 15.000
Setang model trail = 85.000
Accumulator Kering = 135.000
Lampu depan model KLX = 75.000
Sayap depan model trail new = 35.000
Sayap belakang model KLX = 25.000
Knalpot pendek = 85.000
Ban depan IRC ukuran 19 = 160.000
Ban belakang IRC ukuran 16 = 150.000
Peleng depan ukuran 19 = 120.000
Roji depan ukuran 19 = 25.000
Peleng belakang ukuran 16 = 95.000
Roji belakang ukuran 16 = 25.000
Skok belakang yoshimura = 165.000
Rumah sekering = 7.000
Gir belakang ukuran 50 = 130.000
Ongkos tekuk knalpot dan jasa buat pegangannya = 18.000--------------------------------------------------------------------
Total semuanya sekitar 4,7 juta saja.
Bandingkan dengan membeli motor Trail keluaran pabrik,sangat jauh sekali selisihnya.
Tentu saja pepatah "ada harga ada kwalitas" tetap belaku disini yang artinya dengan dana cekak jangan berharap sesuatu yang "wowww gitu".
Tapi setidaknya dengan spesifikasi standar seperti di atas,sudah layak untuk adventure naik gunung.
Berikut kami sertakan foto sebelum dan sesudah motor jadi.
Semoga menjadi inspirasi buat anda yang berniat membangun Motor bebek Trail.
Ini terjadi karena suplay motor trail khususnya model Trail Adventure biasanya di lakukan dalam kondisi CBU alias Complete Built Up Unit yang artinya motor di impor utuh masuk ke indonesia.
Hal hasil membuat harganya ketika samapai ke indonesia menjadi mahal.
Beruntung belakangan ada varian motor trail dari kawasaki yg muncul dengan harga yang tergolong rasional dengan nama Kawazaki KLX 150.
Hebohnya penjualan motor type ini membuat banyak produsen lain berlomba2 memasarkan type2 baru versi mereka ke tanah air,diantaranya seperti Monstrac dll.
Namun bagi yang merasa motor buatan produsen terkenal itu masih mahal,maka ada solusi jitu dengan merombak motor bekas menjadi Trail Modifikasi.
Hal ini sangat memungkinkan karena harga motor bekas saat ini sedang jatuh akibat banyaknya keluar motor type2 baru,di samping murahnya uang muka (bahkan ada yang membebaskan uang muka/free Dp) yang di tawarkan beberapa Perusahaaan Leasing sepeda motor.
Pada tulisan kali ini,kami akan mencontohkan estimasi biaya modifikasi motor bebek yamaha crypton menjadi Trail.
Yamaha crypton di pilih karena terbukti handal mesinnya,tarikan yang mantap,spart part mudah di dapat,hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena bertype 4 langkah,dan tentu saja yg paling penting adalah tergolong murah.
Estimasi biaya dan bahan sebagai berikut :
Unit motor bekas (usahakan surat lengkap untuk mencegah masalah belakangan) = 2.550.000
Ongkos Rubah rangka dan cat body = 500.000
Modif shock depan(pipa suling),T atas,Modif As = 220.000
Kran bensin Ktc = 25.000
Selang bensin = 8.000
Sadel modifikasi = 200.000
Oli shock depan = 15.000
Seal shock depan = 12.000
Pasang T dan setel peleng = 40.000
Bensin untuk test motor = 10.000
Gas spontan TAD = 65.000
Saklar lampu dan starter elektrik = 15.000
Cop CDI = 8.000
Karet Gir = 15.000
Setang model trail = 85.000
Accumulator Kering = 135.000
Lampu depan model KLX = 75.000
Sayap depan model trail new = 35.000
Sayap belakang model KLX = 25.000
Knalpot pendek = 85.000
Ban depan IRC ukuran 19 = 160.000
Ban belakang IRC ukuran 16 = 150.000
Peleng depan ukuran 19 = 120.000
Roji depan ukuran 19 = 25.000
Peleng belakang ukuran 16 = 95.000
Roji belakang ukuran 16 = 25.000
Skok belakang yoshimura = 165.000
Rumah sekering = 7.000
Gir belakang ukuran 50 = 130.000
Ongkos tekuk knalpot dan jasa buat pegangannya = 18.000--------------------------------------------------------------------
Total semuanya sekitar 4,7 juta saja.
Bandingkan dengan membeli motor Trail keluaran pabrik,sangat jauh sekali selisihnya.
Tentu saja pepatah "ada harga ada kwalitas" tetap belaku disini yang artinya dengan dana cekak jangan berharap sesuatu yang "wowww gitu".
Tapi setidaknya dengan spesifikasi standar seperti di atas,sudah layak untuk adventure naik gunung.
Berikut kami sertakan foto sebelum dan sesudah motor jadi.
Semoga menjadi inspirasi buat anda yang berniat membangun Motor bebek Trail.
Thank gan,,
BalasHapus