ManiakMotor – Menaikkan kapasitas lewat bore-up Mio sudah biasa. Di dragbike sudah santapan
pesertanya. Bahkan ada bore-up Mio sampai 3.500 cc. Ah, salah ketik.
Mungkin yang benar 350 cc dan dipakai menarik mobil. Kasihan motornya,
dong!
Koso juga sama, menjual paket piston bahkan dengan kepala silindernya. Bolt-on,
bro. Tahu sendiri Koso yang barang matiknya spesial semua. Maklum,
sebelum Indonesia kenal matik - Taiwan asal Koso - jauh lebih duluan
kenal matik.
Itu bagi yang berduit. Yang modal cekak juga bisa pakai akal-akalan. Misalnya mendongkrak sampai 130 cc pakai piston 57 mm milik GL Pro Neo Tech atau Suzuki Thunder 250. Jika
dihitung rumus kapasitas memang didapat 150 cc. Versi murah ini, harus
disesuaikan kompresinya pada tukang bubut. Termasuk menyesuaikan pin
pistonnya.
Muncul lagi piston TKJR yang katanya telah jenon (high dome). Katanya sih buatan Jepang dan sudah dipakai di Malaysia,” sebut bro Edi Santausa dari Shan Motor Racing di Jln. S. Parman, Banjarnegara, Jateng.
Edi menyebut ukuran-ukuran piston yang nyaris sama dengan TDR. Misalnya 52 mm sampai 57,50 mm. “Harganya 250 ribu satu set piston, ring piston, pin dan klip,” rinci Edi.
Lengkap dong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar