ManiakMotor - Setting karburator buat motor-motor hasil oprekan harian hukumnya wajib. Misal ganti kenalpot dan CDI. Jelas itu motor masih karburator. Biasanya selalu diidentikan dengan penyesuaian ukuran jeting (main-jet dan pilot-jet) agar mesin kerja optimal.
Resepnya sederhana, tapi tidak semua orang mengerti pasnya setelan karbu, seperti penulis itu loh. “Saya sudah ganti spuyer berkali-kali, tapi mesin sulit dibleyer, susah start, pas jalan ajrut-ajrutan,” kata Adi, siswa sebuah sekolah mekanik di Jogja. Untung ketemu awak maniakmotor.com, motornya lagsung sehat. “Kok bisa ya, Mas,” herannya.
Lho itu mudah looh, benar loooh, ini looooh resepnya.
SETELAN ANGIN DAN PILOT-JET
Pilot-jet itu spuyer yang diameternya lebih kecil. Takaran anginnya adanya disetel pada sekrup atau istilahnya air screw. Mengetahui setelan mendekati akurat terutama ukuran pilot-jetnya, bisa dideteksi dari putaran setelan anginnya.
Caranya, hidupkan mesin, tunggu suhu ideal tercapai. Naikkan putaran
mesin dengan membuka skep kira-lira 1/8 bukaan. Lalu putar air screw menutup (searah jarum jam) sampai mentok.
Bila saat putar kiri, belum sampai 1 putaran (180 derajat) tapi mesin sudah tinggi tanpa digas, berarti pilot-jet kekecilan. Biasanya kalau digas kaget akan ngok, seperti kurang besin dan memang kurang.
“Naikkan satu step pilotnya misalnya 25 jadi 27,5. Tetapi kalau lebih dari 2 putaran mesin belum teriak atau meninggi, berarti pilot jet kebesaran. Bensin kebanyakan,” kata Agus Kenthous, mekanik Manual Tech, Jogja. Idealnya mesin teriak pada putaran 1 ½ putaran. Gampang kan..? Ya lama-lama kalau sering klik maniakmotor, jadi maniak benaran dengan motor.
MAIN-JET
Paling gampang mending pasang spuyer bensin sedikit kegedean. Saat digas putaran tinggi, motor tidak mau teriak. Teriakannya malah putus-putus duaarr…. dot…dot…. Nah itu pertanda main-jet besar. Paling gampang, naikkan klip setelan jarum skep. Hidupkan mesin lagi, bleyer mesin sampai ketemu putaran mesin bersih tapi padat.
Sayangnya menaikkan klip jarum skep berpengaruh pada putaran tengah. Kalau mau bagus, tetap harus menurunkan main-jet, satu step demi satustep sampai pas, blar... blar... balar.
Bos mau tnya mtr vario ane mau gti pilot jet sma manjet brpa yg hrus di bli soal knalpotnya boboka
BalasHapusBos mtr ane smash 2003, spek udh maen seher, noken as sama klep.
BalasHapusKarbu pe28, tp karbunya sering ngembun . Nah pas tarikan awal rada ngempos . Setelah itu lancar alias ngacir .. itu kendalanya dimana . Thanx
piston diameter berapa ? klep ukuran berapa ?
HapusMotor sy mio 130cc klep std, noken kawahara k1 kompresi 12:1 minum pertamax. awal gas enak, sampe setengah putaran motor nahan dl, trus enak lg buat akselarasi, pas gas penuh speed malah turun rpmnya itu knp y..? Karbu std, pilot punya mikuni g d ukurannya tapi lebih gede dikit dari standar, mainjet 110, karet vacum kw, jarum di runcingin
BalasHapuspencerahannya dong bro
Thanks
Gan mio soul ane. Bor up 58 karbu standr tp..rpm tengah nyendat tp kalo di gas tinggi teriak padet di turunin nembak2 itu gimana gan solusinya mohon pencerahan nya
BalasHapusSlmt mlm omaku mo tanya tentang karbu king,,karbu king ku sdh di reamer tp tdk extreem,,alias reamer harian kerja aja,,,yp untuk mainjet pilotjet belum ketemu ukurannya,masih seperti kurang asupan bahar bakar atau seperti bbm mau ke res,,,yg ingin aku tanyakan,,,BERAPA UKURAN YG SESUAI UNTUK MAINJET & PILOTJET SEKELAS KARBU BAWAAN PABRIK YG SDH DI REAMER.Terimaksih atas jawaban dan solusinya untuk saya. Buat om smoga sukses aja..goodluck
BalasHapus