Yup…sekali
lagi geliat Yamaha India patut diacungi jempol. Ikhtiar tiada henti
untuk mendongkrak market share membuat mereka kudu kreatif. Yang
terbaru….seperti dilansir Motorbeam,
mereka sedang menggodok motorsport termurah didunia. Kuda besi yang
rencananya dibanderol pada kisaran Rs. 28,000 atau setara dengan 4,6juta
rupiah. Walah….murah amirrrr!!!
Saat ini pabrikan garputala India sudah
mempunyai Yamaha Crux. Dibekali engine SOHC 2 klep…106cc, air cooled, 4
perseneling…Crux mampu memuntahkan tenaga hingga 7,6PS@7,500RPM, torsi
7,5NM@7000RPM. Lumayan tangguh untuk motor entry level. Mengintip dari
fisik…kita akan teringat desain klasik era 1980an. Spatbor krom dari
plate, lampu bulat, tanki slim, jok panjang, rem depan tromol dan
beberapa ciri khas motor lawas. Hebatnya kendati termasuk berharga
murah, Yamaha telah mencangkokkan sasis double pada Crux. Tapi ternyata
semua belum membuat pabrikan garputala puas…..
Crux dibanderol Rs. 38,365 atau jika
dikonversi berkisar 6,4jutaan rupiah. Bagi mereka harga segitu belum
cukup kompetitif. R & D menegaskan bakal meracik motor lebih murah
lagi….target dibawah Rs. 28,000 atau 4,6jutaan. Untuk memuluskan
rencana, telah dibangun pabrik baru diTamil Nadu India. Diharapkan new
plant bisa membantu produksi secara signifikan. Mereka berencana…..The World’s Cheapest Motorcycle akan dijual untuk pasar India serta Afrika. Terus Indonesia?? ora mlebu brosis . Motorsport banderol dibawah 10 jutaan? sepertinya hanya dalam dongeng bagi kita alias ngimpi!!!
Market terbesar yang dikuasai matic serta
bebek selalu menjadi kendala serius ATPM membuat motor murah. Ditambah,
pajak negara yang nggilani bikin kantong bolong. Last…bagaimana rupa
kuda besi yang disinyalir sebagai The World’s Cheapest Motorcycle ??. Kita tunggu saja berita selanjutnya….(iwb)
Spesifikasi Yamaha Crux
Engine type | Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve |
---|---|
Cylinder arrangement | Single cylinder |
Displacement | 106cc |
Bore & Stroke | 49.0 x 56.0mm |
Compression ratio | 9.0:1 |
Maximum power | 7.6 PS / 7,500rpm |
Maximum torque | 7.5N.m / 6,000rpm |
Starting system | Kick start |
Lubrication | wet sump |
Ignition system | C.D.I. |
Primary / Secondary reduction ratio | 3.722 / 3.143 |
Clutch type | Wet Multiple Disc |
Transmission type | 4-speed constant mesh |
Gear ratios | 1st=3.000, 2nd=1.688, 3rd:=1.200, 4th=0.875 |
Frame type | Double cradle |
---|---|
Caster / Trail | 26° / 81mm |
Tyre size (Front / Rear) | 2.50 x 18″ 4PR / 2.75 x 18″ 6PR |
Brake type (Front / Rear) | Drum / Drum |
Suspension type (Front / Rear) | Telescopic / Swing arm |
Battery capacity / Type | 12V-2.5Ah (10H) |
Headlight | 12V 35/35W x 1 |
Overall length x width x height | 2,000mm x 735mm × 1,075mm |
---|---|
Seat height | 780mm |
Wheelbase | 1,260mm |
Minimum ground clearance | 160mm |
Kerb weight | 113kg |
Fuel tank capacity | 11 liters |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar