ManiakMotor – Pecah atau melelehnya sil pada puli depan atau puli roller CVT, skubek akan bergetar.
Pasti menganggu, pengendara seperti digelitik. Hihi... Puli yang
bekerja dengan cara menyempit dan melebar sesuai kecepatan itu, tidak
simeteris putarannya. “Akibat dari goyang-goyang itu, akan muncul
getaran,” analisa Sinyo, mekanik GT Speed di bilangan Cinere, Depok.
Penyebabnya sil getas akibat suhu mesin dan bergerak terus menerus. Namanya barang
bergerak lama, ya pasti minta ganti. Kalau motor baru, buat apa ada
berita tips di web ini. Kalau tidak mau begitu mendingan skubeknya
dijual, ente jalan kaki. Becanda.
Jadi, kalau sudah gel-geli akibat getaran, belum pasti itu sebabnya. Iya dong, maniakmotor.com
tidak bisa memastikan tanpa harus memeriksa dan tahu gejalanya. Umumnya
bila motor berakselerasi, lalu muncul getaran, 99 persen dari sini
sebabnya. Untuk menjadi 100 persen, yuk diperiksa bersama. Jangan sendiri, ntar kalau salah, ada yang disalahkan.
Copot cover
CVT nya. Setelah terbuka, kita bisa membuka puli roller yang letaknya
di sebelah depan. Lalu, posisi sil yang pecah tadi ada di piringan puli
sebelah dalam atau rumah roller. Kalau gak peceh, ya, tidak perlu
diganti alias penyebabnya bukan dari sini. Kebetulan pada motor praktek
ini, silnya peceh. “Tinggal ganti yang baru. Jumlah silnya dua, untuk
dalam dan luar. Harganya Rp 15.000 per satu,” kata Sinyo yang asli
Jakarta ini.
Setelah
sil baru ditempatkan pada posisi aslinya, tinggal merakit ulang
perangkat CVT. Penyakit ini bisa terjadi di motor matik jenis lain,
“Cara ini bisa diterapkan pada semua skubek yang berbeda merek. Silnya
juga beda. Tapi gejalanya sama,” tutup Sinyo.
Makasih ya, sudah bantuin.
Gan motor saya klo panas bunyi kasar tp klo dlm keadaan dingn suarany normal. Tlg solusinya
BalasHapusSil puli sekunder beat saya sering pecah baru dua hari ganti sudah pecah lagi dan keluar dari puli apa penyebabnya ..perlu di kasih lem ngga waktu pemasangan
BalasHapus