ManiakMotor– Tidak perlu beli piston jenon(high-dome) mendongrak kompresi Honda Beat dan Scoopy. Cukup pakai piston Vario,
kompresi sekadar kebut jalanan akan didapat. Silakan juga dipakai
penggemar tarikan responshif , walau beliau bukan tukang kebut.
Piston Vario jelas lebih murah dengan piston hig-dome yang di atas Rp 350
belum termasuk ring piston. Belum lagi ongkos sewa mekanik. Milik
Vario hanya separuhnya dan lebih murah dikerjakan sendiri. Asli, telah
dicoba penulis artikel ini dan asyik-asyik aja tuh digeber setiap hari cari berita. Ditantang kebut-kebutan juga dilayani. Namanya juga reporter maniakmotor.com, geetu loh.
Kemampuannya tidak kalah dengan yang pake piston monyong aftermarket tadi. Piston standar Vario lebih mancung 1 mm puncaknya (dome) dari Scoopy dan Beat. Milik Scoopy kan pesek. Otomatis pemanpatan ruang bakar akan naik, tapi bisa disiram dengan bensin premium. Tarikan jadi ngibriiit. Tapi tetap eling wospodo, jangan sampai malah lebaran di rumah sakit.
Enaknya lagi dimensi kedua piston itu sama. Mulai diameternya yang 50 mm hingga ukuran pin piston. Kelebihan lain piston Vario memiliki ring yang lebih tipis. Gesekannya terhadap dinding silinder lebih ringkas.
Apakah tdk berdampak negativ gan hnya diganti dgn piston vario utk scoopy harian?
BalasHapusApakah tdk berdampak negativ gan hnya diganti dgn piston vario utk scoopy harian?
BalasHapusdampak negatifnya mesin lebih cepat panas dikarenakan kompresi yang lebih tinggi, bahan bakar juga diwajibkan pakai Pertamax
BalasHapus