ManiakMotor – Cairan
pembersih karburator yang tinggal semprot, memang oke buat karbu yang
rutin dibersihkan dan ngisi bahan bakarnya di pompa bensin. Jika motor
yang kerap diisi di kaki lima dan sudah tahunan tak pernah dibongkar,
nggak bakal mempan tuh cara. Kotorannya sudah menjadi kerak di saluran
udara dan bensin.
Di cara rojok ini,
tetap cairan pembersih digunakan untuk urusan model karbu seperti tadi.
Selalesai disemprot, harus dirojok ulang pakai kawat baja yang berasal
dari tali kopling. Caranya mengurai kabel kopling dengan helai yang bisa
masuk di lubang-lubang dimaksud.
“Karena kawat ini
bukan jarum rojok, jadi tidak kasar permukaannya, ujungnya pun tumpul,”
kata Tata, mekanik dari Jaja Motor Di Purwakarta, Jawa Barat yang
mempunyai ide munjarab yang digunakan pada pesiennya. Tentu saja pasien
yang sudah bertahun-tahun karbunya nggak pernah dibongkar.
Sampeyan atau mekanik, dengan cara ini memang agak repot, harus melepas bagian per bagian karburator untuk dibersihkan. Beberapa kawat
baja yang bergelombang tadi cukup dirojok-rojok dan dikilik-kilik,
macam korek telinga, pasti geli asyik. Kotoran yang tak mampu diusir
cairan pasti akan keluar.
“Gelombang pada kawat
baja membatu proses pembersihan, setelah itu siram dengan besin. Jangan
lupa ditiup lubangnya menggunakan angin kompresor agar kotoran bekasnya
tidak menyumbat ulang lubang,” pungkas Tata. Setelah semua bagian bersih
dari kotoran pasang kembali bagian karburator dan mesin siap
dihidupkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar