ManiakMotor – Karet braket kaliper atau dudukan kaliper dan sering disebut karet engsel master rem bawah, selalu dicek setiap saat. Pengecekannya juga nggak butuh aksi bongkar, kelihatan kok dari luar. Kecuali sudah koyak dan getas, nah butuh diganti dengan cara bongkar coy.
Dari karet ini elastistas atau celah alias speleng
bergeraknya master rem saat piston bekerja jadi terganggu. Maklum
kaliper di dekat roda jadi sasaran lumpur di kala hujan, kering dan saat
dicuci. Beda kalau diisi di kantong sampeyan, ya nggak kotor-kotor bro.
“Jadinya engsel ini ditumpuki pasir dan tanah, pengereman terasa bagel. Itu
sama dengan berat, speleng master sudah tak berfungsi. Cara
mengatasinya mengganti karet pelindung kotoran dan membersihkan
engselnya. Sebab, karet ini juga pelindung atau sil pelumasan engsel,”
kata Agus dari Mawar Motor, Cinere yang menyebut masalah ini bisa
dialami semua motor yang aplikasi rem cakram.
Bila kondisi ini
dibiarkan terlalu lama atau cuek beibeh, kotoran akan membuat engsel
tergores. Kalau sudah begini, kaliper jadi longgar dan akan ada bunyi
yang mengesalkan. Ujung-ujungnya pengeremannya kapan-kapan saja
berhenti, hehehe.
Maka
Agus menyarankan untuk segera diperbaiki dengan cara membuka kaliper.
Cara bongkarnya sampeyan sudah pada tahulah atau minta tolong bengkel.
Yang penting biang keroknya sudah ketahuan dari karet braket atau
dudukan kaliper.
Tinggal bersihkan
as-nya dari debu dan karat dengtan cairan perontok karat macam WD-40
atau sejenisnya. Jangan gunakan ampelas untuk merontokan kotoran dan
karat, karena akan melukai engselnya.
Tinggal ganti karet pelindungnya dan lumasi dengan grease alias stempet, lalu rakit kembali, “Rasakan apakah tuas rem masih keras, jika masih keras, bisa saja bagian tadi sudah ‘cidera’. Jika seperti itu sampeyan harus menggantinya dengan yang baru,” tutup Agus.
Makasih mas tipsnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar