Bikin Setang Motor Balap Harus Rombak Adaptor
Setang motor balap enggak pakai lampu macam bebek Komorod
Konstruksi setang motor bebek dipakai
buat balap pasar senggol alias road race memang beda. Dibikin lebih
rendah agar posisi pembalap bisa lebih merunduk saat geber motor di trek
lurus. Dan tinggi-rendahnya setang, juga tergantung dari adaptor setang
atau riser.
“Untuk mengaturnya, bisa lewat cara
memanfaatkan dari potongan selongsong penjepit as komstir atau ketebalan
riser,” ujar Hasyim Sonedy, mekanik tim Cargloss AHRS Depok.
Karena motor balap posisinya dibikin
lebih rendah, otomatis konstruksi kedudukan setang asli motor tidak
mungkin bisa dipakai lagi atau bahkan ditanggalkan. Sehingga harus ada
di bagian dudukan setang yang memang terpaksa harus dicustom ulang.
Terutama pada slongsong pipa pemegang setang tepatnya di atas as
komstir.
Mesti bikin adaptor dari pelat agar posisi setang bisa diatur lebih nyaman buat pembalap
Menurut bapak asli Jogja ini, bagian
yang umum dipakai mekanik saat bikin motor balap yaitu cuma pipa sok di
bawah pelat dudukan setang aslinya. Pipa itu lalu dipotong dan cuma
diambil slongsongnya agar tetap bisa sempurna dijepitkan ke as komstir.
“Slongsong pipa penjepit potongan tadi
lantas kemudian disambung pakai las pada pelat yang memiliki ketebalan
6,5 mm dengan dimensi 5 x 8,5 cm sebagai dudukan setang baru. Tapi
sebelum dilas, pastikan terlebih dahulu apakah panjang-pendek potongan
tadi memang sudah cocok dengan postur joki,” lanjut pria berambut lurus
itu.
Begitu slongsong penjepit dan pelat
sudah tergabung, langkah berikutnya adalah membuat empat lubang baut
untuk pengikat riser atau komponen khusus penjepit setang. Biar
posisinya center, pastikan juga kalau lubangnya tidak miring agar baut
yang lebih panjang mudah mengikat riser.
Bisa dipakai cuma selongsong penjepit asli ke as komstir
“Kalau ingin seting ketinggian lewat
riser, ada baiknya juga menggunakan dua riser. Cuma salah satu bagian
riser yang posisinya di bawah mesti dipotong sesuai keinginan. Lantas
riser yang tidak dipotong tadi bisa dipasang di atas untuk mengikat
setang,” lanjut pria yang kese hariannya bekerjad di Jl. Tole Iskandar
No. 162, Depok atau markasnya AHRS.
Setelah riser dipasang pada adaptor,
masih kata Hasyim, batang kemudi punya Yamaha RX-Z tipe pendek lebih
banyak dipakai di motor balap. Sebab selain kuat, bentuk setang memang
lebih menyudut ke dalam. Mau coba..?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar