Sebagai seorang bikers yang mempunyai tunggangan masing masing selalu
saja merasa kurang puas terhadap performa motornya, khususnya bagi
mereka yang menggunakan kendaraan Matic. Banyak cara yang
dilakukan untuk merubah performa kendaraan mulai daeri segi penampilan
luar dengan mengganti striping standar ke dalam striping variasi atau thailand, hingga dari tampilan dalam mesin, atau istilah gaul nya "mengorek mesin". Untuk motor matic
hal yang paling penting diperhatikan adalah bagian v-belt dan bagian
roller. Dalam hal ini untuk para bikers yang ingin meningkatkan performa
dari motor matic anda diantaranya anda dapat merubah bagian Roller,
sebelum kita membahas lebih dalam, mungkin diantara bikers ada yang
belum mengetahui fungsi dari Roller tersebut.
Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar
pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan
sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive
sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan
oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting
adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan
sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah
tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic
Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena
sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.
Prinsip kerja Roller pada dasarnya sebetulnya mirip sekali
dengan Gear set, pada motor yang memiliki system penggerak rantai.
Karena skutik menggunakan V-belt didalam menggerakan roda dengan melalui
perputaran Kruk as roda yang sebelumnya diputar oler V-belt.
Cara Meningkatkan Performa, Akselarasi dan top speed
Untuk para bikers yang ingin matic nya menjadi kencang atau nyaman
berkendara si sesuai medan, langkah berikut ini semoga dapat membantu
memecahkan solusi anda. Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap
perubahan variabel dari
variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic.
Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam hal ini
sebuah
motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam
meng-”utak-atik” roller, Anda hanya akan dihadapkan pada dua pilihan
yaitu :
“Aselerasi” atau “Top Speed”.
Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan,
kondisi yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan
Anda sebaiknya adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik bila Roller
memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller
yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi
aselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.
Namun jikaAnda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang
cukup jauh atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top
Speed lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas, Top
speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan
yang lebih berat dari berat standard, misalnya dengan Roller 14 Gram. Biasanya performa seperti ini banyak diterapkan oleh kendaraan matic Yamaha Mio dan Honda Beat maupun Vario.
Cara Membeersihkan Roller
Semakin sering motor dipakai makai akan semakin kotor bagian dalam
mesin, begitupun dengan Roller. Kebanyakan dari Roller yang lama belum
diganti akan menjadi terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan Roller
secara berkala juga sangat diperlukan, dengan menggunakan
bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang
menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan
(grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering
dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.
Untuk Roller yang sudah memiliki bentuk tidak bundar presisi
lagi,sebaiknya harus diganti dengan yang baru, karena jika tida diganti
kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap kinerja V-belt dan bagian
bagian yang mendukung berputarnya roda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar