ManiakMotor–Motor liaran, korek harian apalagi untuk drag bike, ban
luarnya sering bergeser. Ketika mendapat power, ban luar jadi diam
akibat nempel di aspal dan hanya peleknya yang berputar. Itu disebut
bergeser. Maka butuh penahan (stopper) antara ban luar dan pelek.
Tanpa itu, pastilah ban dalam akan bocor, lantaran tergesek pelek dan ban. Belum lagi, bagian pentilnya ikut sobek. “Pusing juga jadinya, ngeset motor tapi bolak-balik ban dalam belakang bocor melulu. Bukan nilai rupiahnya, tapi repotnya,”kesal Darmo, dragbiker asal Banjarnegara, Jawa Tengah yang pakai RX-King.
Dugaan awal, tekanan ban terlalu rendah, nyatanya setelah dinaikkan tetap saja bocor. Darma pakai ban Comet 60/80 (dalam) dan HUT 60/90 (luar). Juga pelek Zipp 1.60 x 17 diduga pemicunya. Zipp yang melengkung tidak cocok, pentil ban dalam sering miring, tanda ban luar dan pelek bergeser sendiri. “Tenang, itu bisa diakali dengan pasang stopper macam ban motor trail,” jawab Edi Sauntasa dari bengkel Shan Motor Sport, Banjarnegara, Jateng.
Dari pada penasaran, Darmo pun membuktikannya. Dia beli stopper yang untuk pelek 1.60inci yang Rp35 ribu. Pemasangan stopper penahan ban luar itu, tinggal bikin lubang baut diameter 6 mm. Jarak lubang dari pentil sekitar 15 cmn (searah jarum jam). “Pemasangan harus pentil dulu baru stopper. Eh, penyakit ban bocor melulu hilang tuh bro,” yakin Darmo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar