Kunci Khusus Copot Piston Kaliper
Cukup bermodalkan pentil ban dalam dan
selongsong kabel gas, sudah bisa jadi tool-kit khusus. Alat bantu dari
bengkel Cengkun Motor Sport (CMS), Tangerang, itu dapat membantu dorong
piston di kaliper alias kepala babi.
Tentu, enggak setiap servis berkala
piston dicopot dari kepala babi. Tapi, ada waktunya membersihkan dari
debu atau minyak rem yang masih menempel. Tujuan piston dibersihkan
supaya dorongan ke kampas rem sempurna. Sayangnya, kepala babi yang
sudah dimakan umur susah untuk melepaskan piston.
Seandainya enggak dibersihkan tekanan
piston ke kampas rem pasti akan lemah. Kelamaan, tingkat pengereman jadi
berkurang. Ujung-ujungnya, ya seperti rem blong.
“Susah sekali melepas piston kaliper
yang sudah lama dipakai. Meski sudah pakai bantuan tekanan angin
kompresor. Nah, kalau pakai alat ini jadi gampang,” pasti M. Jemi
Sugianto, mekanik CMS, yang buka bengkel di kawasan terusan Pasar Anyar,
Tangerang.
Jemi alias Cakil merancang khusus pentil
ban dalam dan selongsong kabel gas dari kepunyaan Honda Prima.
Sebelumnya, kedua komponen ini disatukan dengan bantuan las kuningan.
“Selongsong kabel gas Prima tadi baru
kemudian dimasukkan ke derat nipel. Ukurannya 10 x 1,25 mm. Hampir semua
derat nipel kaliper pakai ukuran yang sama,” tegas Cakil yang berambut
jigrig.
Cara penggunaannya cukup masukan
tool-kit tambahan itu ke derat nipel. Bagian yang masuk ke lubang nipel
ujung dari selongsong gas Honda Grand. Cara memasukkannya, cukup
dikencangkan dengan diputar searah jarum jam.
Terus, ujung spray gun kompresor
dimasukkan ke pentil. Seandainya piston masih tetap susah lepas, pakai
kompresor yang ukurannya besar yang banyak dipakai tukang tambal ban
mobil.
“Hati-hati. Piston bisa terlontar keras.
Biar aman tahan pakai gagang kunci pas yang ukuran besar waktu piston
masih terpasang,” pesan Cakil.
Jadi, alat bantu pelepas piston kaliper
itu sebagai pipa penyalur tekanan angin yang datang dari kompresor.
Supaya tekanan deras dan fokus jangan sampai angin malah nyusup keluar.
Makanya, sistem derat yang dimasukkan ke
nipel memungkinkan angin enggak terbuang karena sudah ditutup rapat
selongsong gas Grand.
Bisa aja ujung spray gun kompresor
dimasukkan langsung ke lubang nipel. Tapi, masih ada rongga pada bibir
nipel yang membuat tekanan angin gak maksimal menekan piston.
Silakan dijajal. Asal jangan pakai pentil ban motor orang lain ya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar