Usir Kotoran, Atasi Rem Cakram Bagel
Kerusakan rem cakram atau hidrolik,
umumnya karena kebocoran atau macet. Tanda yang paling gampang dikenali,
ngempos atau bagel alias keras saat tuas rem ditarik.
Mengecek problem rem mudah. Ngempos saat
tuas rem ditarik tanda ada kebocoran akibat sil rusak. Ngempos karena
tekanan ke kaliper minim. Akibatnya piston enggak terdorong dan kampas
rem ogah mengempit cakram.
Kadang masih ngerem, tapi harus dikocok
berulang kali. Itu karena ada udara masuk di saluran minyak rem. Setelah
minyak terdorong naik dan udara naik, rem pakem lagi.
Jika ketemu ciri itu, lekas cek letak
kebocoran. Tandanya ada jejak lelehan bekas minyak rem. Yang rawan bocor
sil O-ring di tuas penonjok master rem dan sil O-ring di piston
kaliper.
Problem akibat kotoran di rem hidrolik
ada dua. Yang nempel di luar dan di dalam. Kotoran di luar umumnya ada
di kaliper, terutama di area sil debu piston. Kotoran di dalam berupa
kerak dari minyak oli yang sudah lama. Kotoran ini nyangkut di seluruh
jeroan peranti rem.
Nah, kalau bagel segera cek kebersihan
peranti rem. Awalnya cek kotoran di luar. Sejatinya kotoran ini bisa
dicegah kalo rajin bebersih pas servis rem setiap 6 bulan sekali. Kalo
dibiarin, kotoran ngendap dan keras sehingga mengganjal gerak piston.
Akibatnya piston macet atau baret. Bisa juga karena piston di master rem
kotor.
Ada gejala problem lain disebabkan
batang tidak center. Biasanya setelah mengerem masih tersisa efek
deselerasi. Atau saat maju roda lancar, tapi pas dimundurin tersendat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar