Klep jadi kesatuan dengan thermostat
Pacuan bore up cenderung memiliki panas mesin lebih ketimbang yang masih standar. Untuk itu, tak ada salahnya mengaplikasi pendinginan ekstra. Tentu agar suhu mesin cenderung lebih adem. Tapi, buat di motor yang pakai radiator, ini ada cara lain lho. Yaitu, mengakali thermostat.
Menurut Kerry ‘Bob’ Hutama, pacuan bore up akan mengalami kenaikan suhu mesin sejak awal mesin dinyalakan. “Panas mesin akan cepat meningkat. Tapi pendinginan kurang. Kalau dipakai buat jalan jauh, kurang bagus,” ujar tunner dari Champion Motor Sport (CMS).
Buat mengakali itu, Kerry coba melakukan ubahan di termostat. Yaitu dengan tidak lagi memfungsikan part yang baru bekerja ketika mencapai suhu tertentu. Dikebiri dong! “Part ini mempunyai semacam klep atau valve yang akan baru bekerja ketika mencapai suhu 80ÂșC,” tambah Kerry dari bengkelnya Jl. Bendungan Jago, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Oleh pria yang punya nama besar di kancah balap nasional ini, valve itu dijebol. Sehingga, sirkulasi air radiator sudah bersirkulasi sejak awal. Maklum, sebelum thermostat bekerja, sirkulasi pendingian hanya berputar di blok melalui water jacket. “Tapi ketika thermostat bekerja, cairan itu akan bersirkulasi hingga ke radiator,” jelas mekanik dan juga pembalap yang sudah memasuki usia 48 tahun ini.
Cara ini biasa dilakukannya ketika menangani Honda Sonic. Tapi, karena beda sistem dengan yang diaplikasi Vario. Tentu caranya juga berbeda. Kalau Sonic gampang. Tinggal angkat klep dan pasang lagi tutup thermostat itu.
Buang dulu cairan radiator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar