Drag bike yang sedang ngetren dan banyak wadah untuk
balapan, membuat penyuka kecepatan dan bengkel ingin berpartisipasi.
Kenyataannya, drag bike tidak hanya dipakai untuk balap, juga sekadar
penampilan sehari-hari. Alhasil, sepeda motor standar pun siap berubah wujud
jadi lebih
kerempeng, ciri khas sepeda motor kencang itu. Spesifikasi
drag bike di Indonesia termasuk minimalis. Tidak perlu canggih seperti di luar
negeri. Kalo boleh dibilang, sepeda motor diubah seringan mungkin. Bagian yang
tidak penting, dibuang saja supaya nggak nambah beban. Sederhananya, untuk
mengubah sepeda motor menjadi model drag bike, bisa dilakukan dengan
beberapa langkah.
- Sasis / Frame
Bila dirasa tidak
sesuai dan kurang ringan, bisa diganti dengan yang baru. Inilah salah satu yang
menghabiskan biaya. Kalau versi impor dari Jepang, sasis drag bike bisa
mencapai Rp 10-25 juta. Kalau ingin murah dapat dilakukan cara melubangi rangka
dengan dib or atau memotong frame yang tidak penting seperti frame ekor.
- Kaki-kaki
Untuk kaki-kaki, pilihlah sokbreker yang sesuai dengan
ukuran sepeda motor. Ukuran ban juga disesuaikan, yaitu 50/90 untuk depan,dan 60/80 buat bagian
belakang.Diameter pelek harus diperkecil, karena berhubungan dengan mesin yang
akan di-bore up. Hitungannya berbeda kalau diameter ban tidak cocok. Semakin besar kapasitas, diameter ban
diperkecil karena harus menggunakan perbandingan gigi yang tepat.
- Bore-up
Agar bertenaga, mesin wajib dioprek. Penggantian biasanya
dilakukan pada noken as, piston, karburator, kabel busi dan beberapa komponen
lain dengan spesifikasi balap. Memperbesar langkah dan diameter piston
(termasuk silinder) serta perbandingan
transmisi. Tak kalah penting.
perrbandingan gigi akhir merupakan faktor penting untuk meningkatkan
performa.
- Body
sesuai bodi dan gaya si penunggang. Misalnya dengan
pemakaian setang jepit, pijakan kaki baru, hingga jok datar dan tanpa tambahan
busa (jadi tidak nyaman). Kemungkinan biaya akan berada di kisaran Rp 3-5 juta
untuk yang murah, dan Rp 5-20 juta untuk spesifikasi heboh. Kalau ingin murah
,modif sepeda motor matik saja.
Pasalnya, tidak perlu repot
mengganti gigi-gigi transmisi
(rasio) yang mahal. Cukup memperbesar diameter silinder dan memperpanjang
langkah. Untuk tampilan, bisa disesuaikan dengan selera.
Selanjutnya, drag bike versi rumahan pun siap dibesut, asal
dipakai di wadah yang benar dan tidak lupa mengutamakana keselamatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar