Dicungkil lewat lubang sil kruk as sebelah kiri
Skubek punya mesin kompak, namun punya
kelemahan. Waktu mau ganti rantai keteng atau kamprat justru harus belah
crankcase. Repot deh.
“Dari semua skubek, Honda Vario paling
mudah lepas keteng, tanpa bongkar crankcase. Sebab lubang di kruk as
sebelah kiri yang ada silnya lumayan besar. Cuma tetap mesti sabar,”
ucap Maman Sugiman alias Boim, kepala instruktur HMTC.
Agar leluasa, rantai keteng lebih dulu
dikendurkan dengan melepas gir timing, head, tensioner juga 2 bilah
penegang. Dilanjut melepas puli primer-skunder agar sil kruk-as terkunci
dengan ring clip dapat dilepas mudah.
Setelah lubang lengan kruk as longgar
atau tidak ada sil lagi, langkah berikut rantai keteng dikeluarkan
perlahan. Biar tidak sulit mencungkil rantai keluar dari gir kecil di
kruk as, saran Boim agar dibantu pakai obeng min kecil juga tang lancip.
Begitu keluar dari lubang dudukan sil,
tarik secara berurut hingga rantai keteng keluar dari rumahnya juga
poros kruk-as yang menjulur keluar. Baru kemudian rantai timing model
silent chain diganti pakai yang model fresh.
“Cara pasangnya juga tidak susah. Biar
langsung tertarik ke atas (head), sebaiknya menggunakan tali atau kawat
yang diikatkan ke rantai terlebih dahulu. Terus lewatkan tali ke lubang
sil hingga ke lubang ranti yang ada di blok, sambil mengarahkan rantai
ke gir kruk-as,” lanjut pria yang tugas di HMTC Depok, Jl. Tole
Iskandar, No. 94, Depok.
Silakan pasang kembali semua kompoen yang dilepas sebelumnya, termasuk tensioner. Beres deh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar