Senin, 18 November 2013

Honda Grand DOHC Hyper bore 350 cc





Satu lagi yang gila dari anak negri..............Honda Grand C100 DOHC Hyper bore 350 cc buatan Arek-arek  Gersik....tepatnya adalah bengkel AE SPORT.....Memang motor ini telah lama beredar baik di media cetak mau pun On line tentunya karna kegilaanya dalam bereksperimen......semua tidak ada yg serba tanggung...bisa di katakan semua hampir full-fullan....dari mulai speck , sparepart...sampai CC nya.....IBLJ yang temui Melalui Obrolan On line dari salah satu teman kita yang menjadi bagian dari Bengkel AE SPORT yaitu saudara AlendyFit Kitaco Nama di FB....mungkin sebagian teman-teman Grup PANJAHAT BORE UP  salah satu komunitas balap indonesia pun sudah mengenalnya......namun soal spek motor ini mungkin masih sedikit yang tau...termaksud admin....hehehe...so kasat mata tidak ada yang tau kalo dalemnya pun sudah ekstrem seperti ubahan luarnya.......
coba kita tebak hal yang paling umum.....kira-kira pake piston apa ya ,.....ukurannya berapa.....?????

66,70,71,72,74........????

proses diawali dengan mmbuat dudukan blokdi crankcase grand sesuai dg bntuk paking blok FU.....waktu itu pembuatan ''daging'' baru di crankcase tebalnya di patok 4cm buat jaga'-jaga seberapa panjang nantinya stroke yg akan digunakan juga mengatur sudut derajat blok kop nantinya...... biar ga 2x kerja ....Jelas bro AlendyFit Kitaco...

Kembali ke piston....diameter yang di usung ga tanggung-tanggung sob.....yaitu berdiameter 78....piston ini menggunakan Honda CRF 250....diameter segini belum familyar untuk daerah jakarta....



proses pengelasan memakan waktu kurang lebih 4 bulan (maklum tukang lasnya jg bnyak kerjaan bukan ngegarap si Goldy (motor) aja.......mana tu proyek perdana tukang lasnya bikin grand head FU...,ucap bro alendy.....hehehe).....
Setelah  semuanya selesai ,baru deh proses ''merusak''.





Tung itang itung........ dengan rumus ketemu 350cc stroke wajib 72mm dan dengan bantuan stang seher RXZ diputar as kruk ymaha MX yg dimodif ulang dan sudut blok digeser +/- 7 drajat dari asli grand...........karna seher yg dipake kelewat gajah........klep aseli FU pun di ganti dengan klep Yamaha YZ250F berbahan titanium ......penggantian klep ini pun bukan tanpa alasan ......karna si Goldy(motor) sudah tidak menggunakan dinamo starter makanya pemakaian klep gambot pun sangat membantu buat stater kaki agar llebig enteng .bukan hanya di buat pusing oleh blok kopnya pengantian daleman alias rasio,perangkat kupling dll ikut kena imbas......sayang aja gitu depnnya serem rasionya memble hehehe.....dari pengalaman sebelumnya (masih kopling basah biasa) yg mengandalkan rumah kopling Honda XR400 dirasa kurang sesuatu gitu (Sahrirni banget bro....hehehe)........,maka seperangkat Kopling Kering made in Japan TAKEGAWA dipassangkan kebagian rongga perut si goldy....... 6 speed close ratio + hydrolic dry clutch (kopling kering hydrolic)......Beres menginstal semuanya giliran maen di pengapian. Magnet spul tiger revo dengan otak pengapian CDI Pro Drag RR menyalurkan api K koil YZ 125 dan diteruskan ke busi iridium yg bertugas membakar bensol blue diruang bakar yg sudah dikabutkan dengan karburator Keihin FCR41...... Bertugas memantau putaran mesin yang bekerja adalah takometer Koso RX1N setia menyajikannya......Nah benerkan dalemanya juga edan sama kaya tampilan luarnya....
Berikut spesifikasinya :

  • Piston CRF 250


  • Stang seher/piston RXZ

  •  Kruk As Jupiter MX

  •  Klep YZ 250

  •  kopling kering Takegawa

  •  CDI REXTOR  PRO DRAG

  •  Carburator FCR 41
  • Koil YZ 125



  • Takometer Koso RX1N




Tidak ada komentar:

Posting Komentar