ManiakMotor – Pecah atau melelehnya sil pada puli depan atau puli roller CVT, skubek akan  bergetar.
 Pasti menganggu, pengendara seperti digelitik. Hihi... Puli yang 
bekerja dengan cara menyempit dan melebar sesuai kecepatan itu, tidak 
simeteris putarannya. “Akibat dari goyang-goyang itu, akan muncul 
getaran,” analisa Sinyo, mekanik GT Speed di bilangan Cinere, Depok.
Penyebabnya sil getas akibat  suhu mesin dan bergerak terus menerus. Namanya  barang
 bergerak lama, ya pasti minta ganti. Kalau motor baru, buat apa ada 
berita tips di web ini. Kalau tidak mau begitu mendingan skubeknya 
dijual, ente jalan kaki. Becanda. 
Jadi, kalau sudah gel-geli akibat getaran, belum pasti itu sebabnya. Iya dong, maniakmotor.com
 tidak bisa memastikan tanpa harus memeriksa dan tahu gejalanya. Umumnya
 bila motor berakselerasi, lalu muncul getaran, 99 persen dari sini 
sebabnya. Untuk menjadi 100 persen, yuk diperiksa bersama. Jangan sendiri, ntar kalau salah, ada yang disalahkan.  
Sil puli
Copot cover
 CVT nya. Setelah terbuka, kita bisa membuka puli roller yang letaknya 
di sebelah depan. Lalu, posisi sil yang pecah tadi ada di piringan puli 
sebelah dalam atau rumah roller. Kalau gak peceh, ya, tidak perlu 
diganti alias penyebabnya bukan dari sini. Kebetulan pada motor praktek 
ini, silnya peceh. “Tinggal ganti yang baru. Jumlah silnya dua, untuk 
dalam dan luar. Harganya Rp 15.000 per satu,” kata Sinyo yang asli 
Jakarta ini. 
Setelah
 sil baru ditempatkan pada posisi aslinya, tinggal merakit ulang 
perangkat CVT. Penyakit ini bisa terjadi di motor matik jenis lain, 
“Cara ini bisa diterapkan pada semua skubek yang berbeda merek. Silnya 
juga beda. Tapi gejalanya sama,”  tutup Sinyo. 
Makasih ya, sudah bantuin.  
Gan motor saya klo panas bunyi kasar tp klo dlm keadaan dingn suarany normal. Tlg solusinya
BalasHapusSil puli sekunder beat saya sering pecah baru dua hari ganti sudah pecah lagi dan keluar dari puli apa penyebabnya ..perlu di kasih lem ngga waktu pemasangan
BalasHapus