ManiakMotor
 - Kopling ganda atau kopling sentrifugal, juga sering disebut kopling 
banci. Tapi belum ada yang bilang waria atau bencong, tuh barang. Kenapa
 bisa disebut begitu? Nah, itu dia masalahnya, reporternya juga nggak ngerti tuh. Hahaha...
Dasar
 tuh reporter. Semoga dia tidak ikut banci sama-sama dengan koplingnya, 
bro. Tuh kopling dibilang bencong, karena manual tidak, otomatis pun nggak.
 Yang menggunakannya bebek. Supaya si bebek saat pindah-pindah gigi 
tidak terhentak-hentak. Sentrifugal juga sebagai transfer daya sebelum 
diterima susunan rumah kopling benaran.
Ehm (kayak
 batuknya banci), namanya komponen mesin, seiring waktu akan alami 
masalah. Misalnya, ketika start motor malah slip, laju motor juga 
seperti ada beban habis pindah gigi. Nah itu dari sentrifugal yang makin
 banci. “Mengatasinya  mangkok kopling bisa dilubangi dari 8 sampai 12 
bagian,” kata Budi ‘Rinut’ Sulistyo punggawa Rinut Motor di Jln. 
Sriwijaya, Semarang, Jawa Tengah.
Piringan
 mangkoknya dibor diameter 3-5 mm. Fungsinya, dinding piringan lebih 
kasar, sehingga pakem mendekap kampas sentrifugal. Keuntungan lain, 
aliran olinya lebih lancar dan tidak terjebak di dinding piringan. Masih
 ada lagi kelebihannya. Yakni, panas juga bisa dibuang lewat sirkulasi 
oli pada lubang-lubang ini. “Kalau belum jelas, sekadar share boleh sms ke 08122937759,” tutup Om Rinut yang juga pelatih PON di Pengda IMI Jateng itu. 
 
Haha... Judul kopling waria-nya lucu juga gan. Tapi isi artikelnya sangat informatif. Mantap gan.
BalasHapusRegard, Ganti Oli.
Setelah di lubang pakai amplas berapa untuk ngeratain bekas lobangnya ?
BalasHapus