Senin, 18 November 2013

Yamaha Vega 2 Cylinder L Twin


Modifikasi mesin 2 cylinder telah menjalar keseluruh daerah di Indonesia..... awalnya memodifikasi motor 1 cylinder menjadi 2 cylinder adalah hal yang sangat tidak masuk akal...namun setelah modifikator asal purwokerto yang akrab di sapa Yusuf dari bengkel semangat putra mencoba bereksperiment dengan motor Vespa,Binter dan Honda CB lawasnya berhasil dan menghasilkan Sound dari suara kenalpot yang luar biasa cool 11/12 dengan motor harley...akhirnya menginspirasi banyak orang untuk mencoba hal baru tersebut...selang beberapa tahun dari kemunculan motor-motor modif ekstrem tersebut barulah bermunculan motor-motor serupa dari jenis kendaraan yang berbeda-beda salah satunya seperti yang saat ini ingin di ulas oleh I B L J yang yang menggunakan motor bebek sebagai bahan modifikasinya...Yamaha Vega 2 cylinder L twin

Yamaha Vega 2 Cylinder L twin
Padahal awalnya cuma iseng-iseng...namun akhirnya bro dadan asal sumedang jawa barat ini merasa tertantang untuk membuatnya secara serius meski hanya dari sebuah desa kecil di sumedang...dengan menganalisa rancangan basic konstruksinya yang berawal dari modif kruk as satu stang seher menjadi 2 stang seher....dengan cara memodifikasi bagian-bagian dari komponen stang seher dan daun kruk as dengan memapas bagian pada sisinya di antaranya memapas daun kruk as sebelah kanan sebanyak 3mm daun kruk asa sebelah kiri 3,5mm...kemudian memapas stangsehernya total 1,5mm...dan berikut ini hasil modifikasinnya

Kruk As Modifikasi 2 Cylinder


Langkah selanjutnya bro dadang membuat dudukan  baru untuk blok cylinder yang ingin di tanam di mesin Vega menjadi 2 Cylinder...dengan cara mencoak bagian tengah atas Crankcase kemudian di tanam adaptor yang sebelumnya memang sudah di buat menyerupai posisi dudukan aslinya dimana bentuknya seperti paking alumunium tebal....setelah menemui titik centernya kemudian bagian pingirnya di lasbabet alumunium untuk mengisi kekosongan dari Crankcase yang di coak tadi...cekidot...
Crankcash yang di coak bagian tengah atas
Crankcase kemudian di tanam adaptor
Setelah posis gigi sentrik dirasa posisi dan ukuran tingginya pas....karna letaknya bersebelahan pada bagian lengan kruk as ...otomatis posisi blok tidak sejajar center...permasalahan ini di atasi oleh bro dadang dengan cara mengeser Linier dari salah satu blok tersebut sebanyak -+ 7mm...permasalahan baru timbul karna dengan bergesernya linier  sirip blok banyak yang robek...solusinya di las alumunium....hal ini lah yang menurut bro dadang menjadi titik yang paling sulit......piston cukup menggunakan punya Karisma di padu struk standar menghasilkan kapasitas mesin menjadi 120cc per cilindernya jika di X 2 makan menjadi 240cc..... Pada sektor pengapian semuanya serba ganda...dari Pulser, koil, CDI kecuali magnet.....
Spesifikasi :
Piston : Karisma
Kruk as : Std Custome
Cam : Jupiter
Klep : Standar
CDI : Jupiter
Ratio : Standar
Pulser : 2 buah
Koil : 2 buah
Cdi : 2 buah
Nama Bengkel : Ald Speedlovers
Nama mekani : Dadan Ahok
Alamat Bengkel : Dusun kuta RT/RW 08/06 Des.Genteng  Kec.Sukasari  Kab Sumedang Jawabarat



Semoga terinspirasi kawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar